Tuesday, January 17, 2012

Violent Soho, Miles Kane, and the one and only, Arctic Monkeys!


Konser di Brisbane ini adalah konser terakhir dari rangkaian tour Arctic Monkeys di Australia, yang mereka mulai di Desember 2011. Karena saya menonton sendiri, berangkatpun bisa leluasa. Saya pun beli tiket konser ini sejak jauh hari, beberapa bulan setelah saya menetap di Brisbane untuk kuliah. Gate dibuka tepat pukul 18.00. Karena ini konser untuk segala umur, gate pun dibedakan untuk General Admission dan Over 18 years only. Tiket dan paspor saya siapkan (di konser ini diharuskan membawa photo ID). Setelah tas diperiksa, saya diberi gelang dan dipersilahkan masuk ke arena konser.Walaupun di gate dibagi dua antara General Admission dan Over 18 years only, setelah memasuki arena konser, penonton bisa leluasa untuk memilih tempat untuk menonton. Riverstage cukup nyaman untuk tempat menggelar sebuah konser, ditambah udara sejuk dan mendung di Brisbane walaupun sedang summer. Hanya saja, panggungnya jauh dari bayangan saya. Saya membayangkan panggung yang megah dengan layar monitor besar, seperti pada saat Portishead manggung di Harvest Festival. Panggung sederhana dengan lighting yang sepertinya biasa saja. Ah, tak apalah, pikir saya. Datang ke konser ini pun sudah senang, sudah lama saya impikan, sejak jatuh cinta pertama kali pada album Whatever People Say I am, That’s What I am Not. Saya memilih untuk berada di dekat panggung, karena saya pikir biar bisa lebih dekat dengan Alex Turner. Setelah menunggu sekitar 30 menit, kami semua yang berada di dekat panggung, diinstruksikan untuk berdiri oleh petugas keamanan. Ternyata kami harus menunggu lagi sekitar 10 menit. Karena saya tidak begitu tinggi, kalah jauh sama bule-bule yang rata-rata baru ABG yang juga berada di dekat panggung, saya lebih memilih untuk berdiri agak belakang. 18.41, Violent Soho, band asli asal Brisbane, membuka konser ini. Kira-kira 5 lagu mereka bawakan, salah satunya Jesus Stole My Girlfriend. 19.20, Miles Kane mulai memasuki panggung dan langsung menghibur semua penonton.

9 lagu (kalau saya tidak salah hitung, mulai masuk lagu ketiga, saya sudah lupa menghitung, terlalu asyik menikmati) dimainkan, diantaranya, Come Closer sebagai lagu penutup, My Fantasy, dan King Crawlers. 20.02, Miles Kane pamit dari panggung. 20.35, Arctic Monkeys masuk ke panggung.

Penonton histeris melihat Alex Turner dkk. Arctic Monkeys membuka konser dengan single pertama dari album Suck It And See, Don’t Sit Down Cause I’ve Moved Your Chair. Memakai jaket kulit dengan rambut bergaya seperti Elvis, sambil memainkan gitar, Alex membawakan lagu pertama dengan apik. Membuka jaket kulitnya, Alex Turner melanjutkan dengan membawakan Teddy Picker, The Hellcat Spangled Shalalala, Black Treacle, dll. Lighting di konser ini sederhana tapi luar biasa. Mungkin itulah the power of simplicity. Simple lighting but awesomely works! Alex Turner cukup interaktif dengan penonton, walau hanya sesekali. Membawakan When The Sun Goes Down, Alex Turner dkk lalu turun dari panggung. Taktik lama, membiarkan penonton meneriakkan “Arctic, Arctic, Arctic.” Lalu, Arctic Monkeys kembali ke panggung dan memainkan Suck It And See, Fluorescent Adolescent, dan lagu penutup 505 (Miles Kane hadir di panggung memainkan gitar).

Sungguh konser yang luar biasa, sound yang mengagumkan, dan penampilan yang prima dari Arctic Monkeys.

It’s a dream came true!

Setlist:

1. Don’t Sit Down Cause I’ve Moved Your Chair

2. Teddy Picker

3. Satu lagu yang tidak saya kenal, sepertinya dari album Humbug

4. The Hellcat Spangled Shalalala

5. Black Treacle

6. Brianstorm

7. The View From The Afternoon

8. I Bet You Look Good On The Dancefloor

9. Library Pictures

10. Evil Twin

11. Brick By Brick

12. Satu lagu duet dengan Miles Kane.

13. D Is Dangerous

14. Still Take You Home

15. Lagi-lagi tidak tahu judulnya.

16. She’s Thunderstorm

17. Do Me A Favour

18. When The Sun Goes Down

19. Suck It And See

20. Fluorescent Adolescent

21. 505 (featuring Miles Kane)

- - Mabella Runi Denantrini



Tweet This

0 comments on "Violent Soho, Miles Kane, and the one and only, Arctic Monkeys!"

Post a Comment