Wednesday, March 30, 2011

Another Cool Power Trio


Saya tidak akan pernah bosan untuk mengatakan “sependengaran saya jarang sekali ada band trio yang mengecewakan”, sebagai contoh kecil sebut saja Green Hay & Blink 1800212345 (What The Hell Happen With You Dude!) maksud saya Cream, Blue Cheer, & The Jimi Hendrix Experience. Lalu saya membayangkan bila ketiga band itu adalah manusia (ya, saya tau band memang didirikan oleh manusia) yang suka mengadakan pesta sex dan di salah satu pesta, ada yang tidak memakai kondom, pertanyaannya adalah band apa yang akan hamil?, tetapi itu bukan inti dari apa yang saya bayangkan, saya lebih memikirkan hasil dari kehamilan itu. Hasil dari kehamilan adalah lahirnya seorang anak, atau dalam konteks ini lahirnya sebuah band. Band itu adalah Radio Moscow.

Radio Moscow adalah sebuah band Blues-rock/Retro Rock/Stoner Rock yang sangat ter-influence oleh Psychedelic Rock dan 70’s Hard Rock, band ini berasal dari Iowa, Amerika. Didirikan oleh Parker Griggs, pada awalnya band ini adalah proyek solo yang diberi nama Garbage Composal, kemudian diganti menjadi Radio Moscow dan sekarang posisi bass diisi oleh Zach Anderson, sedangkan ketika live penentu tempo diisi oleh Cory Berry, karena pada saat rekaman masalah drum tetap dikerjakan oleh Parker Griggs. Band ini bisa mencuat ke permukaan, tetapi tidak sampai menjadi Radio Friendly atau Top Selling Artist, atas bantuan frontman The Black Keys, Dan Auerbach. Griggs pernah memberikan demonya kepada Dan Auerbach di salah satu konser The Black Keys dan Dan menyukainya. Setelah itu pada tahun 2007 album pertama Radio Moscow yang diberi judul “Radio Moscow” direkam dan diluncurkan via ALIVE/BOMP records, album ini menghasilkan beberapa lagu andalan (setidaknya menurut saya) yang akan memantapkan perjalanan karir mereka, contohnya “Frustrating Sound”, “Luckydutch”, dan “Deep Blue Sea”. Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2009, band ini mengeluarkan album keduanya “Brain Cycles” via label yang sama, menurut saya, album ini berdasarkan lagu per lagu, komposisinya jauh lebih matang dari album sebelumnya, pada album ini anda akan merasakan beberapa perubahan tempo yang signifikan.

Musik mereka memang bukan sesuatu yang baru untuk dunia musik yang makin hari makin aneh ini (sepertinya bukan hanya musik). Walaupun untuk urusan mendengarkan musik saya lebih memilih mundur beberapa generasi, tetapi saya tetap bisa berbangga oleh Radio Moscow, sebuah band baru dari generasi saya sendiri, tetapi tidak terpengaruh oleh musik yang digandrungi oleh para pe-cinta seni jaman sekarang (dengan bunyi-bunyiannya itu).

Stop Talking, Just Eat That Shit!

-Raditya Iskandar



Tweet This

2 comments on "Another Cool Power Trio"

wicaksono said...

coba hari sabtu besok di test drive

Yulio Onta on April 5, 2011 at 12:38 AM said...

kalo dibanyakin stonernya kayaknya serun nih dit. hahahaha. coc dong dit

Post a Comment