Thursday, April 14, 2011

Suara Bising Dari Pelosok Kota Michigan



Jet, Black Rebel Motorcycle Club, The Datsuns, The D4, The Kills, The The Dead Weather, dan masih sangat banyak band garage rock lain dari penghujung dunia manapun selalu menarik untuk didengarkan. Kalau ada yang bertanya seberapa canggih mereka, akan gw jawab dengan lantang kalau garage itu memiliki aura tersendiri dalam unsur rock. Tapi disini gw bukan ingin membahas soal garage rock, dan gw juga yakin kalau pembaca yang masuk ke web ini pasti punya musikalitas yang baik dan mengerti apa itu garage rock. Post kali ini gw akan mencoba mereview kecil tentang salah satu band tempo lawas yang merupakan salah satu pionir dari Garage Rock, MC5.

MC5 adalah salah satu band yang mengusung nama suci dari garage rock yang berasal dari Michigan, Amerika Serikat. Mereka ter-influence oleh Chuck Berry, Dick Dale, dan The Ventures. Dengan formasi awal mereka Rob Tyner (vokalis), Wayne Kramer (gitaris), Fred Smith (gitaris), Michael Davis (bassist), Dennis Thompson (drummer) mereka berhasil membawa musik garage rock lebih digilai di Amerika Serikat sana pada periode akhir 1960an. Dan pada tahun 1969, album pertama mereka Kick Out The Jams rilis ke permukaan. Dengan benang merah garage rock didalamnya dan ditambah unsur proto punk yang kental, album pertama ini berhasil membuat MC5 digilai anak muda pada saat itu. "And right now... right now... right now it's time to... KICKOUT THE JAMS, MOTHERFUCKERS!" menjadi tagline yang sangat khas di album ini.

Mendengarkan album Kick Out The Jams seperti merasakan pukulan telak dikanan dan dikiri wajah anda, telak sekali. Tubuh anda dijamin tidak dapat menolak untuk membalas panggilan nista dari deretan track berbahaya dialbum ini untuk bergerak kesana kemari. Rasakan sensainya pada lagu Kick Out The Jams, Motor City Is Burning, Borderline, dan Ramblin Rose, soundnya legit dan ditambah roll drum khas dari garage itu sendiri, tusukan tusukan melodi tajam nan nikmat cukup bisa membantu anda minimal menggoyangkan kepala dan menghentakan kaki ketika mendengarkan album. ini baru eyang kakungnya garage rock.

Selang satu tahun, ketika tahun 1970, MC5 merilis album kedua mereka, Back In The USA. Di album ini, kita bisa mendengar MC5 yang lebih matang sedikit. Sisi liar, urakan, nan ugal-ugalan terdengar masih cukup nikmat di album ini, bedanya hanya pada audio MC5 yang terdengar lebih jernih sedikit, tidak masalah sama sekali. Hits disini ada Tutti Frutti. Tapi track lain juga ngga kalah serunya, coba simak Looking At You, Teenage Lust, Call Me Animal, High School, dan cover lagu Back In The USA nya Chuck Berry juga bisa menjadi andalan di album kedua ini.

Di album ketiga MC5, High Time yang rilis pada tahun 1971, MC5 juga masih terdengar brutal dengan deretan lagu Sister Ane, Skunk, Over and Over, Gotta Keep Movin. tapi setelah album ini, musik gaduh MC5 pudar lama kelamaan termakan jaman. Apalagi setelah Fred Sonic dan Rob Tyner meninggal, MC5 makin hilang. Dengan sisa sisa kejayaan + ditambah mereka menarik Dick Manitoba (vokalis The Dictators) MC5 mencoba membangun lagi kejayaan yang dulu sempat terbentuk pada periode akhir 60an dan awal 70an. Sedikit cerita bising dari band asal Michigan ini, semoga bisa membangkitkan kecintaan anda kepada musik garage. Enjoy this one and listen carefully.

- Yulio Abdul Syafik



Tweet This

2 comments on "Suara Bising Dari Pelosok Kota Michigan"

Johnny said...

KICK OUT THE JAMS MOTHERFUCKERS!

ozanpetek on February 15, 2013 at 1:25 AM said...

andalan saya yang back in the usa ,keren tuh .suka garage juga nih om ?o iya saya lagi nyari info nya brmc nih ,mohon pencerahan nya hehe

Post a Comment